in

5 Dampak Virus Corona Di Indonesia

Wabah virus corona yang tengah merebak di China cukup menjadi perhatian bagi pemerintah Indonesia, pasalnya virus corona yang menyerang China kini sudah menyebar di berbagai negara. Virus corona juga sudah sudah mewabah hingga di negara Asia. Bahkan di negara ASEAN sudah ditemukan korban dari virus corona salah satunya di Singapura.

Virus ini tergolong sebagai virus yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi para penderita yang terkena virus corona.

Bandara dan pelabuhan di Indonesia juga sudah diawasi oleh pemerintah untuk memastikan bahwa orang yang masuk ke negara Indonesia tidak terjangkit wabah virus corona.

Virus corona ini berdampak pada sektor ekonomi Indonesia. Berikut ini adalah dampak virus corona di negara Indonesia mengutip dari liputan6 dan Sindo news.

Penurunan Pada Sektor Pariwisata

https://lh6.googleusercontent.com/proxy/MGbZ5YrqrTSHPmwwn2c5lV2yIwcY9nIdfpKynku9FPXLWJKPZyXbDJvoMDpbiCMJQOoj90Nu3SgBBctODaeqstRcVqSiT2oOmxDa9KqqkAAzo7A512kib6wwqS4F_ijhopodxeoO

Virus corona membuat sektor pariwisata Indonesia mengalami kerugian. Karena hampir setiap bulan turis mancanegara dari China banyak yang berkunjung ke Indonesia. Namun dari pihak China terdapat larangan terhadap warganya, sehingga membuat sektor pariwisata Indonesia mengalami kerugian, jelas pengamat ekonomi.

Omzet Perhotelan Menurun

https://bisniswisata.co.id/wp-content/uploads/2014/10/recepcion-hotel.jpg

Dengan adanya wabah virus corona dan terganggunya industri pariwisata, maka akan jarang sekali turis yang berkunjung, sehingga berdampak pada perhotelan. Omzet perhotelan pasti akan mengalami kerugian akibat virus corona yang mewabah.

BPJS Diminta Waspada

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/WqU3lsKmVNxZWSBioKsqYPNIdlQ=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2895357/original/056551800_1566990854-20190828-Iuran-BPJS-Kesehatan-Naik1.jpg

Berkaitan dengan penyebaran virus corona yang sangat cepat. BPJS Kesehatan harus mengantisipasi lonjakan pasien terkait dengan wabah virus corona. Karena kemungkinan besar jika virus corona mewabah di Indonesia dan sudah menjangkit penduduk Indonesai, maka akan terjadi lonjakan pasien.

Maka dari itu untuk mewaspadai lonjakan pasien akibat virus corona, maka BPJS harus siap siaga karena pasti akan ada beberapa masyarakat yang melakukan klaim BPJS Kesehatan terkait dengan wabah virus corona.

Pariwisata Di Bali Rentan Terhadap Penyebaran Virus Corona

Melihat dampak virus corona yang tengah mewabah Pengamat INDEF melihat Bali menjadi prioritas pertama yang harus dijaga dalam hal pencegahan penularan virus corona.

Hal ini dikarenakan wisatawan di Bali berasal dari berbagai negara dan bercampur menjadi satu di Bali. Dengan adanya hal ini maka akan banyak WNA yang takut datang ke Bali karena khawatir ada salah satu wisatawan yang terjangkit virus corona.

Penjualan Energi Mengalami Penurunan

Penjualan energi di Indonesia akan mengalami penurunan karena Indonesia sendiri mengekspor energi ke China, sehingga dengan adanya virus corona, maka akan mengganggu industri energi di Indonesia. Salah satu contohnya adlaah penjualan avtur, dalam hal ini pertamina juga akan tergganggu karena mereka saling bekerja sama.

Virus corona menyebabkan berbagai negara mengalami kerugian dalam berbagai sektor, salah satunya adalah Indonesia. Indonesia telah mengalami kerugian tersebut. Mulai dari pencegahan penularan hingga beberapa upaya yang dilakukan oleh beberapa negara terkait dengan wabah virus corona telah mewabah di banyak negara.

Written by Oktaviana Devi S

Leave a Reply